Selasa, 27 September 2011

Adu Dua Ponsel Bisnis Murah : Nokia E63 vs Blackberry Curve 8320


Adu Dua Ponsel Bisnis Murah : Nokia E63 vs Blackberry Curve 8320



Nokia E63 dan Blackberry Curve 8320 adalah dua ponsel bisnis yang sangat terjangkau untuk saat ini, bahkan bisa dibilang murah. Banyak saya temui orang sedang bingung memilih diantara kedua ponsel ini, dan tidak ketinggalan pengunjung blog saya meminta pertimbangan saya via komentar, email maupun sms.
MANA YANG TERBAIK ?

Ini adalah pertanyaan yang sangat sulit, saya pastikan mana yang lebih baik berbeda untuk setiap orang. Tapi saya akan coba membahasnya berhubung berkesempatan memakai kedua ponsel ini dengan tangan sendiri (ga lama sih…, tapi lumayan lah)
DIMENSI
Nokia E63 mempunyai ukuran 113x59x13mm, sementara Curve 8320 107x60x15,5mm, disini bisa dilihat bahwa jika kamu lebih menyukai ponsel tipis, maka E63 adalah pilihannya, tapi jika kamu lebih suka desain yang mungil, maka Curve adalah pilihannya. Curve 8320 memiliki massa yang lebih ringan ketimbang E63 (111gram vs 126 gram), tidak signifikan ditangan saya.

LAYAR
Sebenarnya resolusi layar sam saja (QVGA), tapi curve lebih luas layarnya ketimbang E63 (2,5 inci vs 2,38 inci), tapi kedalaman warna E63 mencapai 16 juta warna, sementara Curve 8320 hanya 65 ribu warna, berdasarkan spesifikasi tersebut mustinya E63 tampil lebih jernih layarnya, tapi dimata saya tidak terlihat perbedaan signifikan alias setara, sebagai referensi lain 2 teman saya mengatakan layar E63 terlihat lebih jernih.


dua ponsel bisnis yang sangat terjangkau

INPUT
Sama-sama mengusung keypad QWERTY, kenyamanan mengetik sama saja, walaupun E63 punya bidanag QWERTY lebih luas tapi tombolnya berdempetan, sementara di curve 8320 lebih renggang, jadi overall saya merasa seimbang. Tapi masalah tombol navigasi, E63 hanya DPAD, sementara Blackberry sudah trackball, entah kenapa saya lebih menyukai memakai DPAD nokia E63, tapi ini terus terang subjektif (karena saya biasa pake DPAD), tapi sebagai referensi, 2 teman saya lebih menyukai trackball Curve 8320.

AUDIO
Menikmati musik di kedua ponsel ini bukanlah pilihan terbaik, tapi ditelinga saya sudah sangat cukup, apalagi sama-sama didukung jack audio 3,5 inci. Perbedaan kualitas audio tidak saya temukan, saya merasa sama baik, tapi 2 teman saya mengatakan audio E63 sedkit lebih baik. Tapi percayalah di telinga saya sama saja, andai memang berbeda, saya yakin tidak signifikan.

MEMORY
Memori internal E63 120 MB, sementara Curve 8320 hanya 64 MB, apalagi maksimal memori external yang didukung (rekomendasi pabrik) adalah 16 GB untuk E63 dan 4 GB untuk Curve 8320. Jadi kalo kamu hobi nyimpen banyak lagu, E63 mungkin lebih baik. Tapi bagi saya pribadi ga penting, wong memori 2 Gb di Nokia N82 saya cuma terisi 500 Mb saja. So it up to you…

INTERNET
Nah ini lagi-lagi terjadi perbedaan signifikan, dimana E63 mendukung kecepatan 3G, sementara Curve hanya terbatas di 2G, bagi kamu yang berada di zona 3G pasti lebih terpuaskan dengan kecepatan yang ditawarkan E63. Tapi jika kamu hanya internet di ponsel, perbedaan ini tidak signifikan (saya saja punya 2 hape HSDPA selalu internet pake GPRS). Khusus Blackberry Curve 8320, saya dengar tidak bisa dijadikan modem untuk laptop, so… itu mungkin bisa mengecewakanmu. Kelas GPRS dan EDGE E63 juga unggul dengan class 32 sementara Curve 8320 hanya class 12 (tapi ini ga signifikan). Kedua ponsel mendukung wifi jika kamu ingin internetan di zona hotspot.

KAMERA
Sama-sama berkekuatan 2 megapixel dan dilengkapi lampu LED, hasil fotonya sama buruknya, tidak saya rekomendasikan untuk jeprat-jepret yang serius ataupun agak serius, tapi tentunya kamu tidak membeli kedua ponsel ini karena alasan kamera bukan? Sementara itu rekaman video E63 lebih baik dari Curve 8320 .(320×240 @15fps vs 240×180 @15fps). Keduanya tanpa kamera kedua untuk video call, tapi E63 tetap bisa dipakai untuk video call satu arah.


E63 lebih tipis ketimbang Curve 8320

SISTEM OPERASI
E63 memakai OS Symbian sementara Curve memakai OS Blackberry, dari segi hardware pendukung sistem operasi, processor E63 berkecepatan 369 Mhz sementara Curve 8320 312 MHz, kesannya E63 lebih kencang, tapi di ponsel yang saya uji sama saja cepatnya.

HIBURAN
Fasilitas hiburan kedua ponsel sama lengkap, tapi pembedanya ada pada Radio FM, dimana seperti Blackberry lain, Curve 8320 tidak ada radio FMnya.

OFFICE
Kedianya mendukung editing dokumen (word, excell dan powerpoint), hanya E63 musti diupgrade manual.

BATRE
Kali ini cuma saya bandingkan di jaringan 2G yah, waktu siaga E63 sampai 480 jam sementara Curve maksimal hingga 408 jam, sementara waktu bicaranya E63 sampai 11 jam, Curve hanya 4 jam. Disisi ini memang Curve ketinggaln dari Nokia. Untuk daya tahan batre memutar musik E63 diklain bisa memutar musik 18 jam non stop sementara Curve tidak punya data (saya khawatir tidak disebutkan karena tidak bisa dibanggakan). Masalah daya tahan batre untuk internetan, banyak yang mengklaim Curve jagonya, dan banyak kesaksian bahwa E63 cepat loyo batrenya untuk internetan….., tapi saya dapatkan informasi yang lebih berbobot di forum ponsel, E63 lebih awet batrenya untuk internetan !! Kebanyakan orang membandingkannya tidak fair, sangat wajar batre E63 loyo dibanding curve karena E63 tidak diset bekertja di 2G only saat diadu dengan curve, dan itu perbandingan yang tidak fair.

LAIN-LAIN
Sebenarnya yang paling oke dari Curve 8320 adalah push email dan facebook-annya, kedua hal itu sangat nyaman bekerja di Curve 8320 yang saya rasa belum bisa ditandingi oleh E63.

KESIMPULAN

Kalo liat fitur, E63 jelas unggul di kecepatan internet, daya tahan batre, memory, rekam video dan radio FM. Jadi jika kamu mengharapkan ponsel dengan fitur umum lebih baik, E63 adalah pilihannya, sementara jika mencari yang lebih nyaman push email dan facebook-an-nya, Curve 8320 adalah pilihannya. Jika cari ponsel yang lebih bergengsi, blackberry Curve 8320 adalah pilihannya, sementara jika mencari ponsel yang lebih value maka pilihannya jatuh pada E63 (E63 lebih murah sektar setengah juta). Jadi mana yang terbaik tergantung kebutuhanmu oke….


Kalo cuma keren-kerenan, hape cina XP 9600 (tengah) saya juga ga kalah keren

 

PILIHAN SAYA

Kalau saya pilihannya pasti jatuh pada E63, karena saya tipe orang ga punya duit, toh E63 lebih mantap fiturnya dengan harga murahan, apalagi beli Curve 8320 kena BIS ama BES yang amit-amit langganan sebulannya (tanpa itu facebook dan pushemailnya jadi ilang dong), apalagi para internet mania yang hobi internet gratis (Baca: Fenomena Internet Gratis), tidak bisa gratisan di Curve 8320. Kalo mau adu keren, toh XP 9600 saya ga kalah keren desainnya (Baca: Review Exclusive XP 9600), dan fitur hiburannya jauh lebih lengkap ketimbang E63 ataupun BB Curve 8320. Tapi ya ini cuma menurut saya, tiap orang punya kebutuhan berbeda dan tidak bisa diseragamkan.

sumber, disini

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More